Makkiy dan madaniy
1.
Pengertian Makkiyah dan Madaniyah
Studi tentang
ayat-ayat Makkiyah dan Madaniyah sesungguhnya tidak lebih dari memahami pengelompokan ayat-ayat Al-Quran berdasarkan
waktu dan tempat turunnya sebuah atau beberapa buah ayat al-Quran. Dalam hubu
gan ini, sekurang-kurangnya ada tiga definisi yang sering dikemukakan para
pakar di bidang ini, yaitu :
1.
Makkiyah
adalah ayat-ayat al-Quran yang turun sebelum hijrah dan Madaniyah adalah
ayat-ayat Al-Quran yang turun sesudah hijrah. Ta’rif ini menetapkan,
ayat-ayatyang turun setelah hijrah, sekalipun itu terjadi di sekitar Makkah
tetap diklasifikasikan sebagai ayat Madaniyah.
2.
Makkiyah
adalah ayat-ayat yang turun di Makkah sekalipun turunnya ayat-ayat itu setelah
hijrah. Dan Madaniyyah adalah ayat-ayat yang turun di Madinah.
Bila
definisi ini diterima, mungkin ada semacam kesulitan kecil untuk
mengklasifikasikan ayat-ayat yang diterima Rasululloh ketika beliau dalam
perjalanan. Misalnya ayat yang turun
ketika Rasulullah di Tabuk. Akan dikelompokkan kemana ayat-ayat seperti ini?
3.
Makkiyah
adalah ayat-ayat yang khithab-nya ditujukan kepada penduduk Makkah, dan
madaniyah adalah ayat-ayat yang khithab-nya ditujukan kepada penduduk Madinah.
Sekalipun
ketiga definisi diatas pada dasarnya merupakan bagian dari usaha
pengklasifikasian ayat-ayat Al-Quran. Tetapi, untuk menghindari kerancuan, kita
lebih suka memilih definisi pertama. Dengan pengklasifikasian yang teliti
berdasarkan tempat dan waktu turunnya ayat, akan diketahui ayat-ayat mana saja
yang turun lebih dahulu dan turun kemudian.
2.
Cara mengetahui surah Makkiyah dan Madaniyah
Terdapat beberapa tanda yang dapat membedakan antara ayat Makkiyah
dan Madaniyah yang biasa disebut dhawabith, sebagai berikut.

1.
Setiap
surah padanya sebagian besar terdapat kata kalla ( كلّا ).
2.
Setiap
surah padanya sebagian besar pada ayatnya terdapat sujud tilawah.
3.
Semua
surah yang diawali huruf tahajji seperti Qaf, Nun, Haa mim adalah Makkiyah.
4.
Semua
surah yang memuat kisah Adam dan Iblis. Kecuali surah Al-Baqarah.
5.
Semua
surah yang memuat kisah para nabi dan umat-umat terdahulu.
6.
Semua
surah yang didalamnya terdapat khithab (seruan) kepada semua manusia .
7.
Semua
surah yang menyeru dengan kalimat “Anak Adam”.
8.
Semua
surah yang menyeru isinya memberi penekanan pada maslah akidah.
9.
Sebagian
besar ayatnya pendek-pendek.

1.
Semua
surah yang terdapat kalimat “orang-orang yang beriman”.
2.
Semua
surah yang padanya terdapat hukum-hukum Faraidh, Hudud, Qishas dan jihad.
3.
Semua
surah yang memuat bantahan terhadap Ahlu Al-kitab.
4.
Semua
surah yang menyebut “orang-orang munafik”.
5.
Semua
surah yang memuat hukum syara’, seperti ibadah, mu’amalah dan al-ahwal
al-syakhshiyah.
6.
Ayat
Madaniyah umumnya panjang-panjang.
Akan tetapi
dhawabith, baik itu pada Madaniyah atau Makkiyah, bukanlah merupakan kepastian.
Ketetapan itu diambil berdasarkan Taghlib (kebanyakan atau kebiasaan). (Kamaludin
Marzuki, 1994: 48-50).
3.
Pembagian Surat-Surat Makkiyah,
Madaniyah Serta di Antara Makkiyah dan Madaniyah
Menurut Imam
Badruddin bin Abdullah al-Zarkasyi bahwa surah-surah yang turun di Makkah
berjumlah 83 buah. Akan tetapi berbeda pendapat dengan Ibnu Jarih, beliau
menyebutkan bahwa surah yang turun di Makkah berjumlah 85 buah, dan yang turun
di Madinah 28 buah”. (Kamaludin Marzuki, 1994: 52).
1. Berikut susunan surat-surat Makkiyah
berdasarkan kronologi turunnya adalah sebagai berikut (M. Qurais Shihab, 1999:
71).
No.
Urut
|
No.
Surat
|
Nama
Surat
|
1.
|
96
|
Al-Alaq
|
2.
|
68
|
Al-Qalam
|
3.
|
73
|
Al-Muzzammil
|
4.
|
74
|
Al-Muddatsir
|
5.
|
1
|
Al-Fatihah
|
6.
|
111
|
Al-Masad
|
7.
|
81
|
Al-Takwir
|
8.
|
87
|
Al-’Ala
|
9
|
92
|
Al-lail
|
10.
|
89
|
Al-Fajr
|
11.
|
93
|
Al-Duha
|
12.
|
94
|
Al-Insyiroh
|
13.
|
103
|
Al-Ashr
|
14.
|
100
|
Al-Adiyat
|
15.
|
108
|
Al-Kawtsar
|
16.
|
102
|
Al-Takasur
|
17.
|
107
|
Al-Maun
|
18.
|
109
|
Al-Kafirun
|
19.
|
105
|
Al-Fil
|
20.
|
113
|
Al-Falaq
|
21.
|
114
|
Al-Nas
|
22.
|
112
|
Al-Ikhlas
|
23.
|
53
|
An-Najm
|
24.
|
80
|
’Abasa
|
25.
|
97
|
Al-Qadar
|
26.
|
91
|
Al-Syams
|
27.
|
85
|
Al-Buruj
|
28.
|
95
|
Al-Tin
|
29.
|
106
|
Al-Quraisy
|
30.
|
101
|
Al-Baqarah
|
31.
|
75
|
Al-Qiyamah
|
32.
|
104
|
Al-Humazah
|
33.
|
77
|
Al-Mursalat
|
34.
|
50
|
Qaf
|
35.
|
90
|
Al-Balad
|
36.
|
86
|
Al-Thariq
|
37.
|
54
|
Al-Qamar
|
38.
|
38
|
Shad
|
39.
|
7
|
Al-A’raf
|
40
|
72
|
Al-Jin
|
41.
|
36
|
Yasin
|
42.
|
25
|
Al-Furqan
|
43.
|
35
|
Al-Fathir
|
44.
|
19
|
Maryam
|
45
|
20
|
Thaha
|
46
|
56
|
Al-Waqi’ah
|
47
|
26
|
As-Syuara’
|
48
|
27
|
Al-Namal
|
49
|
28
|
Al-Qashas
|
50
|
17
|
Al-Isra’
|
51
|
10
|
Yunus
|
52
|
11
|
Hud
|
53
|
12
|
Yusuf
|
54
|
15
|
Al-Hijr
|
55
|
6
|
Al-An’am
|
56
|
37
|
Al-Shaffat
|
57
|
31
|
Luqman
|
58
|
34
|
Sabak
|
59
|
39
|
Al-Zumar
|
60
|
40
|
Ghafir
|
61
|
41
|
Fushshilat
|
62
|
42
|
Al-Syura
|
63
|
43
|
Al-Zukhrof
|
64
|
44
|
Al-Dukhan
|
65
|
45
|
Al-Jatsiah
|
66
|
46
|
Al-Ahqaf
|
67
|
51
|
Al-Dzariyat
|
68
|
88
|
Al-Ghasyiyah
|
69
|
18
|
Al-Kahfi
|
70
|
16
|
Al-Nahl
|
71
|
71
|
Nuh
|
72
|
14
|
Ibrahim
|
73
|
21
|
Al-Anbiya’
|
74
|
23
|
Al-Mu’minun
|
75
|
32
|
Al-Sajadah
|
76
|
52
|
Al-Thur
|
77
|
67
|
Al-Mulk
|
78
|
69
|
Al-Haqqah
|
79
|
70
|
Al-Ma’arij
|
80
|
78
|
Al-Naba’
|
81
|
79
|
Al-Naziyat
|
82
|
82
|
Al-Infithar
|
83
|
84
|
Al-Insyiqaq
|
84
|
30
|
Al-Rum
|
85
|
29
|
Al-Ankabut
|
86
|
83
|
Al-Muthaffifin
|
2. Berikut susunan surat-surat
Madaniyah berdasarkan kronologi turunnya adalah sebagai berikut (Qurais Shihab,
1999: 72)
No.
Urut
|
No.
Surat
|
Nama
Surat
|
1.
|
2
|
Al-Baqarah
|
2.
|
8
|
Al-Anfal
|
3.
|
73
|
Al-Imran
|
4.
|
33
|
Al-Ahzab
|
5.
|
60
|
Al-Mumtahanah
|
6.
|
4
|
Al-nisa’
|
7.
|
57
|
Al-Hadid
|
8.
|
47
|
Al-Qital
|
9
|
65
|
Al-thalaq
|
10.
|
59
|
Al-Hasyr
|
11.
|
24
|
Al-Nur
|
12.
|
22
|
Al-Hajj
|
13.
|
63
|
Al-Munafiqun
|
14.
|
58
|
Al-Nujadilah
|
15.
|
49
|
Al-Hujurat
|
16.
|
66
|
Al-Tahrim
|
17.
|
64
|
Al-Taghabun
|
18.
|
61
|
Al-Shaf
|
19.
|
62
|
Al-Jumuah
|
20.
|
48
|
Al-Fath
|
21.
|
5
|
Al-Maidah
|
22.
|
9
|
Al-Tawbah
|
23.
|
110
|
Al-Nashr
|
3. Berikut susunan surat-surat di
antara Makkiyah dan Madaniyah berdasarkan beberapa Surat dan ayat yang
diperselisihkan oleh para Ulama.
Menurut Quraish shihab dalam bukunya
Sejarah dan Ulumul Qur’an, Surat Makkiyah tidak berarti seluruh ayat
yang terdapat dalam Surat tersebut diturunkan di Makkah sebelum hijrah;
sebaliknya. Penamaan itu hanyalah karena surat tersebut memuat mayoritas ayat
Makkiyah atau Madaniyah” (Qurais Shihab, 1999: 72), juga atas dasar dari
pendapat Abul Qasim yang begitu membingungkan pembaca serta atas dasar alasan
menghormati dan menghargai dari berbagai pendapat para ulama yang berbeda
memahami pembagian Makkiyah dan Madaniyah. adalah sebagai berikut :
No.
Urut
|
Nama
Surat/Ayat
|
Keterangan
|
1.
|
Al-Fatihah
|
Diperselisihkan para Ulama’
|
2.
|
Al-Ra’d
|
Diperselisihkan para Ulama’
|
3.
|
Al-Rahman
|
Diperselisihkan para Ulama’
|
4.
|
Al-Shaf
|
Diperselisihkan para Ulama’
|
5.
|
Al-Taghabun
|
Diperselisihkan para Ulama’
|
6.
|
Al-Tathfif
|
Diperselisihkan para Ulama’
|
7.
|
Al-Qadar
|
Diperselisihkan para Ulama’
|
8.
|
Al-Bayyinah
|
Diperselisihkan para Ulama’
|
9
|
Al-Zalzalah
|
Diperselisihkan para Ulama’
|
10.
|
Al-Ikhlash
|
Diperselisihkan para Ulama’
|
11.
|
Al-Mu’awwidzatayn
(Al-Falaq dan Al-nas)
|
Diperselisihkan para Ulama’
|
12.
|
Ayat 13 Surat Al-Hujarah
|
Turun di Makkah hukumnya Madinah
|
13.
|
Ayat 3-5 Al-Maidah
|
Turun di Makkah hukumnya Madinah
pada hari jumat ketika umat Islam Wuquf di Arafah waktu haji Wada’
|
14.
|
Ayat 17 Al-Anbiyak
|
Madinah mirip Makkah, turun
berhubungan dengan kedatangan kaum Nasrani Najran
|
Hal di atas kami kutip dari
pembahasan Quraish Shihab dalam buku ”Sejarah dan Ulumul Qur’an”
beberapa surat atau ayat yang bermasalah dalam kesimpulan Antara Makki dan
Madani tidak semua kami katagorikan pada ayat yang bermasalah, seperti Ayat
yang di turunkan pada siang hari, malam hari, yang di saksikan sejumlah
malaikat atau yang tidak disaksikan malaikat, karena bagi pembahas masih jelas
waktu dan tempat diturunkannya.
4.
Ayat-ayat yang
Turun di Makkah, dan Hukumnya Madaniyah
1.
Ayat 13 surah Al-Hujurat
2.
Ayat 3 sampai dengan 5 surah Al-Maidah.
Ayat
13 surah Al-Hujurat, turun pada waktu Fathu Makkah. Ayat ini dinyatakan
Madaniyyah karena turun sesudah hijrah. Dan tiga ayat surah Al-Maidah, yakni
ayat 3, 4 dan 5 turun pada hari jum’at. Kala itu umat islam tengah berwuquf di
padang arafah dalam peristiwa haji wada’. Haji ini dilaksanakan Rasulullah saw
setelah beliau berhijrah. Maka ketiga ayat di atas, diklasifikasikan sebagai
ayat-ayat Madaniyah kendatipun turun di Arafah dan seperti di ketahui arafah
adalah kawasan di sekitar Mekkah.
5.
Ayat-ayat yang
Turun di Madinah, dan Hukumnya Makiyyah
1.
Al-Mumtahanah
2.
Ayat 41 surah An-Nahl
Surah
Al-Mumtahanah turun ketika Rasulullah hendak berangkat menuju Mekkah menjelang
futuh Mekkah. Ini artinya terjadi setelah hijrah. Kisahnya demikian: mengetahui
Rasulullah hendak berangkat ke Mekkah, seorang bernama Hattab bin Abi Balta’ah
menulis surah untuk disampaikan kepada orang Quraisy di Mekkah. Isinya,
menginformasikan rencana Rasulullah dan kaum muslimin yang akan berangkat ke
kota yang disebut paling terakhir.
Tapi,
entah mengapa Al-Zarkasyi mengklasifikasikan ayat-ayat ini sebagai
Makkiyah. Ada kemungkinan, penulis kitab Al-Burhan fi ‘ Ulum Al-Qur’an
ini sepakat dengan pendapat yang mengatakan ayat Makkiyah adalah ayta-ayat yang
kitabnya ditujukan kepada penduduk Mekkah.
Bila melihat kasus ayat 41 surah An-Nahl,
tampaknya kemungkinan itu benar. Sebab Al-Zarkasyi juga memasukan ayat yang
turun setelah hijrah ini sebagai ayat Madaniyah yang hukumnya Makkiyah, oleh
karna kitabnya ditujukan kepada ahlu Mekkah.
3.
Mulai surah At-Taubah (Bara’ah) sampai dengan
ayat 28. Ayat-ayat ini sesungguhnya Madaniyah. Tetapi kitabnya ditujukan kepada
penduduk Mekkah.
Daftar pustaka
Marzuki, Kamaluddin. 1994. Ulumul
Qur’an. Bandung: PT. Remaja Rosida Karya.
Shihab, M Quraish, dkk.. 1999. Sejarah
dan Ulumul Qur’an. Jakarta: Pustaka
Firdaus.
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking